Belajar Mikrotik: Perubahan Konfigurasi Neighboor Discovery

Perubahan Konfigurasi Neighboor Discovery


Mikrotik Neighboor Discovery Protocol(MNDP) memungkinkan untuk saling melihat/menemukan perangkat lain yang juga mengaktifkan MNDP, CDP(Cisco Discovery Protocol) atau LLDP(Link Layer Discovery Protocol) di jaringan Layer 2 broadcast domain yang sama. Sebenarnya fitur ini sudah pernah di bahas pada Artikel Langkah Pertama Menjaga Keamanan Router dan sudah pernah kami ulas juga pada video berikut 10 Cara Mengamankan Router MikroTik 

Seiring perkembangan RouterOS mulai dari versi RouterOS 6.41 ke atas terjadi perubahan dalam melakukan konfigurasi Discovery interface. Pada versi sebelumnya kita hanya perlu melakukan disable pada interface yang tidak ingin terlihat dan melihat Neighboor pada menu Discovery interface. 

Pada versi RouterOS 6.41 ke atas tidak lagi ditemukan tab Discovery interface, hanya ada menu Discovery settings dan secara default nya hanya memiliki pilihan none, dynamic, serta all. Kemudian Ada kotak kecil di depan, jika dipilih berarti akan berlaku logika "not". Efek yang terjadi ketika memilih !dynamic, all dan !none akan sama yaitu semua interface router akan mengaktifkan MNDP. Begitu juga saat memilih dynamic, !all dan none, semua interface router tidak mengaktifkan MNDP. 
default neighboor discovery settings 
Jika hanya beberapa interface saja yang mengaktifkan atau mematikan MNDP, bisa di kombinasikan dengan fitur Interface list. Fitur ini ada di menu Interface pada tab interface list. Interface list  mampu melakukan pengelompokan interface, contoh bisa dibuat interface mana saja yang terdapat di jaringan WAN, atau interface apa saja yang tergabung pada LAN. 
Pertama kita dapat membuat list terlebih dahulu dengan menekan tombol "list". Kemudian tambahkan list, silahkan berikan nama sesuai kelompok interface yang di inginkan. 
tambah list 
Setelah memiliki kelompok list baru, tambahkan interface mana saja yang termasuk kedalam  list yang sudah di buat. Contoh kita akan menambahkan interface ether2 dan wlan1 kedalam list LAN. 
Tambah interface list 
Setelah membuat interface list pada konfigurasi Neighboor discovery setting akan otomatis muncul pilihan baru sesuai interface list yang sudah dibuat. sehingga pilihan interface mana saja yang ingin di aktifkan MNDP akan lebih menyesuaikan dengan kebutuhan kita di jaringan. 
MNDP dan interface list 
Tambahan informasi mulai versi RouterOS 6.44 neighboor discovery bekerja juga di slave interface. Jika sebuah interface tergabung dalam bridge, dan bridge tersebut dimasukkan dalam interface list. Slave interface otomatis masuk dalam neighboor discovery. Jika menginginkan hanya slave interface saja yang masuk dalam neighboor discovery, pastikan interface bridge tidak include dalam list. 
hanya wlan 
Pada versi RouterOS 6.45 jumlah daftar neighboor dibatasi sesuai kemampuan RAM dari Routerboard, untuk mencegah kehabisan memory.
Sumber: https://citraweb.com/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »