Sinkronisasi Waktu pada Routerboard menggunakan GPS

Sinkronisasi Waktu pada Routerboard menggunakan GPS


Global Positioning System atau yang biasa kita sebut GPS adalah teknologi yang digunakan untuk menentukan koordinat lokasi. GPS bekerja dengan mentransmisikan sinyal dari satelit ke perangkat yang sudah mempunyai fitur GPS atau GPS Receiver.
Di Mikrotik sendiri, terdapat package yang dapat menerima data dari GPS, namun sebagian besar RouterBoard belum memiliki hardware modul GPS Receiver. Nantinya data GPS yang diterima dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, salah satunya yang paling simple adalah sinkronisasi waktu, seperti yang akan kita bahas pada artikel ini. 
Pada percobaan kali ini kita menggunakan RB 751U-2HnD dan modul USB GPS external karena router tersebut belum include GPS receiver. 
Pertama-tama aktifkan fitur GPS dengan cara mendownload package GPS yang terdapat di dalam file .rar extra packages yang dapat didownload disini.  Silahkan pilih package lalu download, pastikan bahwa package yang didownload sudah sesuai dengan arsitektur router dan versi Router OS yang digunakan. 
Setelah berhasil menginstal package GPS maka akan terdapat fitur GPS pada  System>>GPS
Kemudian pasangkan GPS external ke router tersebut via USB. Pastikan  bahwa GPS sudah terbaca di mikrotik dengan melakukan pengecekan pada menu System->Resoursce->USB
 
Jika hardware sudah terbaca, langkah selanjutnya cukup mengaktifkan fitur GPS di Mikrotik dengan centang enable pada menu System -> GPS . Aktifkan juga Set System Time agar pengaturan waktu pada RouterBoard akan mengikuti waktu dari data GPS. 
 
Setelah diaktifkan, maka Mikrotik dapat menerima informasi data GPS yang dapat dilihat pada menu System -> GPS 
 
Atau bisa juga menggunakan terminal dengan perintah
    /system gps> monitor
Setelah data GPS didapatkan, memang Time pada RouterBoard tidak langsung sama dengan lokasi kita sekarang. Itu dikarenakan GPS mengacu kepada  UTC time, karena lokasi kita saat ini berada di Yogyakarta, maka menggunakan GMT +7, silakan sesuaikan Time-Zone pada menu System->Clock 
 
Kelebihan sinkronisasi waktu dengan GPS daripada NTP adalah jika menggunakan GPS tidak mengharuskan router terhubung internet, sehingga akan sangat cocok digunakan jika memang jaringan tidak dibangun untuk akses internet, misal diterapkan pada Intranet. Sedangkan untuk setting waktu menggunakan NTP pada mikrotik dapat dilihat artikel kami yang berjudul Pengaturan Waktu Pada Mikrotik.
Sumber: www.sahoobi.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »