TikAPP - Konfigurasi MikroTik melalui Android Apps

TikAPP - Konfigurasi MikroTik melalui Android Apps


Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk remote access router mikrotik. Diantaranya yang sering digunakan dengan berbasis GUI seperti Winbox dan Webfig. Selain kedua aplikasi tersebut belakangan ini MikroTik juga mengembangkan aplikasi yang berbasis Android.
Aplikasi ini disebut 'TikAPP', walaupun belum resmi di-release namun aplikasi ini sudah terdaftar di 'Play-Store'. Kita bisa menginstallnya secara Free (Gratis) dan mencobanya apakah dengan aplikasi tersebut lebih mudah digunakan untuk remote access menggunakan smartphone. 
 
Sebenarnya jika kebutuhannya hanya untuk remote Mikrotik dengan Gadget kita bisa gunakan Webfig. Namun karena harus menggunakan web-browser, pada gadget dengan ukuran layar kecil, tombol menu menjadi sulit diakses. 

Tampilan Awal 
Setelah coba install dan menjalankan TikApp, dari segi fungsi dan cara remote awal tidak jauh berbeda dengan WInbox, dimana kita bisa isikan IP Router Mikrotik yang akan kita remote, atau gunakan Discover untuk cek Router Mikrotik yang masih satu segment dengan Gadget kita. Bedanya TikApp tidak menyediakan remote menggunakan MAC Address.
 

Menu Utama
Menu Utama yang ditampilkan di sebelah kiri pada Winbox dan Webfig juga dapat kita temui di TikApp dengan posisi yang sama. Jika dibandingkan dengan Webfig, tombol menu pada TikApp lebih mudah di akses (sentuh) dengan ukuran yang lebih besar tanpa harus zoom in. 
     
Selain menu yang lebih mudah diakses, TikApp juga menawarkan icon-icon tampilan yang lebih menarik, berbeda dengan Winbox maupun Webfig. Sebagai contoh misalnya tampilan indikator Simple Queue
 
Walaupun secara garis besar tidak jauh berbeda dengan Winbox ataupun Webfig, TikApp tidak menyediakan menu QuickSet dan New Terminal. QuickSet biasa digunakan untuk melakukan konfigurasi awal secara cepat dimana Router belum memiliki konfigurasi sama sekali, dengan kata lain harus remote via MAC Address, sedangkan TikApp tidak bisa digunakan untuk remote via MAC Address. 
Sedangkan untuk NewTerminal, beberapa tool yang biasa dilakukan pada NewTerminal hanya bisa dilakukan via menu Tool, misalnya PING. Untuk melakukan start hanya perlu klik pada Play Button sebelah kanan. 
 
Secara resmi aplikasi ini memang belum benar-benar di-rilis. Mungkin masih ada beberapa 'bug' di system yang perlu diperbaiki. Namun, aplikasi ini bisa dicoba sebagai alternatif akses dari perangkat Android. Secara umum untuk fungsi pada aplikasi TikApp sudah dapat berjalan dengan baik.
Sumber: www.sahoobi.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »