Belajar Mikrotik: Review ROS versi 7

Review ROS versi 7


Mikrotik terus melakukan inovasi baik terhadap perangkatnya (Routerboard) ataupun operating systemnya (RouterOS). Kali ini Mikrotik mengeluarkan operating system terbaru dengan versi 7.0beta4 (Development). Awalnya Router OS versi 7 hanya mendukung untuk perangkat yang menggunakan arsitektur ARM saja, namun kali ini Router OS versi 7 ini sudah mendukung untuk semua perangkat Mikrotik, baik SMIPS, MMIPS, ARM, Mipsbe, dll.

Pada Artikel kali ini, kami akan membahas pembaruan pada Router OS versi 7 secara garis besarnya saja. 

Yang baru pada Router OS versi7: 
  • Tampilan baru di new terminal, terdapat penambahan atribut / ketika masuk ke dalam suatu menu.
  • Penambahan Flag IP Route untuk DHCP dan VPN. Untuk pengecekan bisa dilakukan dengan perintah "ip route print" pada new terminal.  
     
  • System Package terdapat pembaruan, dimana yang ditampillkan hanya bundle packages yaitu routeros. 
     
  • DHCPv4-Server menambahkan menu "vendor-class-id", digunakan untuk mengoptimalkan dalam identifikasi vendor dari perangkat client. 
     
  • Pada Router OS versi 7 ini, untuk kedepannya akan ditambahkan fitur Usermanager EAP Authentication dan Usermanager Custom RADIUS. 
Yang masih tidak tersedia oleh Router OS versi 7. 
  • BGP / MPLS tidak bisa digunakan.
  • The Dude Package masih belum tersedia. 
  • Extra Packages masih belum selengkap versi 6. 
Tentunya Router OS versi7 ini masih dalam tahap ujicoba, sehingga versi stable ataupun versi long-term nya masih belum rilis. File Router OS versi 7 ini (Smips, MMIPS, ARM, dll) bisa didapatkan pada website mikrotik.com/download. Pastikan Anda tidak menggunakan Main Router untuk menggunakan Router OS versi 7 ini, mengingat Router OS versi 7 ini masih dalam tahap pengembangan.

Tentunya terdapat pembaruan hardware untuk Router OS versi 7 ini, seperti Network card dan juga modem LTE, Detail pembaruan terhadap setiap versi Router OS dapat dikunjungi pada halaman berikut: https://mikrotik.com/download/changelogs 

Sumber: https://citraweb.com/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »